Rabu, 09 Januari 2019

TUGAS RUTIN KE : 6 ( MONETER ISLAM 2 )

1. Apa yang di maksud dengan uang?

Jawaban : 

Uang adalah sesuatu yang dijadikan sebagai alat untuk melakukan transaksi pembayaran ekonomi di mana sesuatu yang dijadikan sebagai uang diterima, dipercaya dan disukai oleh masyarakat atau orang-orang yang melakukan transaksi ekonomi.


2. Jelaskan konsep uang menurut konvensional dan islam !

Jawaban :

Adapun perbedaan antara konsep uang dalam Islam dengan konvensional:
KONSEP ISLAMKONSEP KONVENSIONAL
·         Uang tidak identik dengan modal
·         Uang adalah public goods
·         Modal adalah private goods
·         Uang adalah flow koncept
·         Modal adalah stock concept
·         Uang sering kali diidentikkan dengan modal
·         Uang (modal) adalah private goods
·         Uang (modal) adalah flow concept bigi fisher
·         Uang (modal) adalah stock concept bagi cambridge school

3. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang diambil oleh bank sentral untuk mempengaruhi (mengendalikan) jumlah uang beredar. Sebutkan dan jelaskan tujuan dari kebijakan moneter!


Jawaban :

Tujuan kebijakan moneter
1.      Menjaga stabilitas ekonomi : suatu keadaan perekonomian yang berjalan sesuai dengan harapan, terkendali, dan berkesinambungan. Artinya, pertumbuhan arus uang yang beredar seimbang dengan pertumbuhan arus barang dan jasa yang tersedia.
2.      Menjaga stabilitas harga: kebijakan moneter selalu dihubungkan dengan jumlah uang yang beredar dan jumlah barang dan jasa. Interaksi jumlah uang yang beredar dengan jumlah barang dan jasa akan menghasilkan harga. Ada kalanya harga naik atau turun tidak beraturan, sehingga perubahan harga dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat.
3.      Meningkatkan kesempatan kerja: jika jumlah uang beredar seimbang dengan jumlah barang dan jasa, maka perekonomian akan stabil. Pada keadaan ekonomi stabil, pengusaha akan mengadakan investasi. Investasi akan memungkinkan adanya lapangan pekerjaan baru. Adanya lapangan pekerjaan baru atau perluasan usaha berarti meningkatkan perluasan usaha berarti meningkatkan kesempatan kerja.
4.      Memperbaiki posisi neraca perdagangan dan neraca pembayaran: kebijakan moneter dapat memperbaiki posisi neraca perdagangan dan neraca pembayaran. Jika negara mendevaluasi mata uang rupiah kemata uang asing, harga barang ekspor akan menjadi lebih murah, sehingga memperkuat daya saing dan meningkatkan jumlah ekspor akan memperbaiki neraca perdagangan dan neraca pembayaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CRITICAL BOOK REPORT ( CBR ) Buku Pengantar Ekonomi Islam

CRITICAL BOOK REPORT Buku Pengantar Ekonomi Islam untuk memenuhi tugas matakuliah Ekonomi Islam                ...