Rabu, 09 Januari 2019

TUGAS RUTIN KE : 7 ( INFLASI )

1. Apa yang di maksud dengan inflasi?

Jawaban :
inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang. Inflasi juga bisa dikatakan indikator untuk melihat tingkat perubahan, dan dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling pengaruh-memengaruhi.



2. Sebut dan jelaskan tingkat keparahan inflasi?


Jawaban :
Jenis-Jenis Inflasi Berdasarkan Tingkat Keparahannya
  • Inflasi Ringan : Pengertian inflasi ringan adalah inflasi yang belum terlalu mengganggu keadaan ekonomi. Inflasi ringan mampu dikendalikan dengan tingkat nilai dibawah 10% per tahun.
  • Inflasi Sedang : Pengertian inflasi sedang adalah inflasi yang dapat menurunkan kesejahteraan masyarakat bagi penghasilan tetap dengan tingkat laju inflasi sebesar 10%-30% per tahun.
  • Inflasi Berat : Pengertian inflasi berat adalah inflasi yang mampu mengacaukan perekonomian yang berakibat pada kurangnya minat masyarakat dalam menabung karna bunga bank lebih rendah dari laju angkat inflasi, inflasi berat memiliki laju sekitar 30%-100% per tahun.
  • Inflasi Sangat Berat atau Hiperinflasi : Pengertian inflasi sangat berat adalah inflasi yang telah mengacaukan kondisi perekonomian dan sulit dikendalikan walapun dengan melakukan kebijakan moneter atau kebijakan fiskal dengan laju inflasi diats 100% per tahun.


3.    Inflasi dapat merusak pilar-pilar perekonomian suatu negara. Mengapa?


Jawaban :
Karena inflasi dalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain: konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas dipasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang. Dengan kata lain inflasi ini juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu.
 Mengapa inflasi ini merusak pilar-pilar ekonomi negara, karena inflasi berdampak negatif bagi negara  , dampak negatifnya adalah:
1.      Harga barang –barang dan jasa naik
2.      Nilai dan kepercayaan terhadap uang akan turun atau berkurang.
3.      Menimbulkan tindakan spekulasi
4.      Banyak proyek pembangunan macet dan terlantar
5.      Kesadaran menabung mesayarakt menjadi berkurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CRITICAL BOOK REPORT ( CBR ) Buku Pengantar Ekonomi Islam

CRITICAL BOOK REPORT Buku Pengantar Ekonomi Islam untuk memenuhi tugas matakuliah Ekonomi Islam                ...